3 Teori Konspirasi Dalang Peristiwa Gerakan 30 September
No ratings yet.

suratberita.com – Saat ini kita sudah masuk pada bulan september, apa yang paling diingat rakyat indonesia dari bulan september? Saya yakin mayoritas rakyat indonesia mengingat Gerakan 30 September PKI. Sebanyak tujuh Pahlawan Revolusi dibunuh secara keji pada 30 September 1965. Enam orang di antaranya, ditemukan terkubur di sebuah sumur di daerah Lubang Buaya, di Jakarta Timur. Peristiwa ini dikenal sebagai G 30 S PKI.
Sehari kemudian, 1 Oktober 1965 dijadikan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Ada banyak teori mengenai dalang dari peristiwa itu. Namun, yang paling melekat dalam ingatan rakyat Indonesia, gerakan ini didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). mengapa? karena saat itu, daerah Lubang Buaya merupakan pusat pelatihan milik Partai Komunis Indonesia. Partai yang bertujuan menggantikan ideologi Pancasila dengan komunis.

Baca juga Kisah Wiji Thukul dan 3 sajak puisinya yang terkenal hingga sekarang

Berikut ini 3 Teori Konspirasi Dalang Peristiwa Gerakan 30 September yang dirangkai

1. Partai Komunis Indonesia
3 Teori Konspirasi Dalang Peristiwa Gerakan 30 September
Partai Komunis Indonesia sebagai dalang menjadi versi resmi sejarah Indonesia. Skenario ini merupakan versi paling populer dan melekat dalam ingatan rakyat Indonesia.

Pada buku Palu Arit di Ladang Tebu susunan Hermawan Sulistyo diungkapkan sejumlah tokoh terkemuka, seperti jurnalis dan penulis asal Amerika, Arnold Brackman juga meyakini versi ini. Dia mengatakan bahwa G 30 S didalangi oleh Aidit

Versi ini juga didukung dengan bukti berlimpah dalam sidang Mahkamah Militer Luar Biasa, seperti transkrip interogasi jaksa militer khusus.

2. Tanggung Jawab Soekarno
3 Teori Konspirasi Dalang Peristiwa Gerakan 30 September
Sejarawan Amerika Serikat, Anthony Dake, memiliki teori bahwa ia percaya Presiden pertama Sukarno lah yang menyusun skenario peristiwa gerakan 30 September. Hal itu diungkapkan dalam sebuah tesis yang diterbitkan pada 1974.

Anthony Dake percaya Sukarno terlibat dalam peristiwa ini untuk menyingkirkan pimpinan puncak Angkatan Darat pada saat itu.

Namun Indonesianis, Harold Crouch meragukan teori Dake. Dia menilai tesis itu lemah. Memang, keterangan Widjanarko diduga menunjukkan Sukarno cenderung mendukung gerakan yang bertujuan melawan pimpinan AD. Namun, bukti ini tidak cukup untuk menunjukkan Sukarno mendalangi gerakan 30 September, sehingga teori dake sangat tidak masuk akal untuk dipercayai oleh rakyat indonesia.

3. Jenderal Soeharto
3 Teori Konspirasi Dalang Peristiwa Gerakan 30 September
Teori konspirasi Soeharto sebagai dalang G 30 S tersebut muncul dari kecurigaan nama Panglima Kostrad itu tidak masuk dalam daftar anggota AD yang diculik. Terlebih, Soeharto adalah jenderal yang biasa mewakili Panglima AD dalam sejumlah kesempatan pada saat peristiwa itu.

Teori ini dikemukakan dari pendapat Willem Frederik Wertheim, seorang profesor dari Municipal University of Amsterdam. Hal itu dituangkannya dalam artikel berjudul Soeharto and the Untung Coup-The Missing Link (1970).

Spekulasi mengenai peran Soeharto dalam merencanakan aksi ini muncul ketika dia membuat cerita tidak konsisten mengenai perjumpaannya dengan Kolonel Latief.

Itu lah teori – teori dalang peristiwa G 30 September yang sangat terkenal sampai saat ini, namun versi nomor 1 lah yang paling kuat karena memiliki paling banyak bukti dalam sidang Mahkamah Militer

Refrensi Dari : liputan 6 | Surat Berita Kriminal

1 KOMENTAR

  1. Apply once a Day and Rub about 10- 15 Minutes until the gel get into the skin after 5 -10 mins wash . Rub on your part except the tip . Keep doing it Everyday. Sa isang buwan lang. Pahabain ng 4 cm. MINSAN LANG GAGAMITIN SA ISANG ARAW! NATURAL NA PARAAN NG PAGLAKI. how to use titan gel Ang aking unang kasintahan ay walang karanasan gaya ko, gayunman, sa dalawang buwan ng aming katapatang-loob na relasyon ay sinabi niya na “may mali”. Sa totoo lang, sa aking 17 ay isang aktibo akong nanunuod ng porno at hindi ko maintindihan kung ano ang mismong ”mali”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here