[pgp_title]

suratberita.com – Sebuah lembaga amal yang bertempat di Inggris, Inggris baru-baru ini mengeluarkan ranking negara dengan penduduk paling gemar memberi sedunia. Di web resminya, institusi amal Charities Aid Foundation (CAF) itu sudah mengumpulkan data dari 139 negara yang disebut mencakup 95 persen penduduk dunia.

Berikut deretan negara dengan penduduk paling dermawan, seperti diinformasikan dari Deutsche Welle dan Charities Aid Foundation:

6. Australia

Sebanyak 63% penduduk Australia rutin berdonasi uang selama tahun 2016. Secara sempurna jumlah uang yang didonasikan mencapai 12 miliar US Dollar. Melainkan tergolong ramah dan gemar membantu orang asing (66 persen), tidak banyak warga Australia yang rela melowongkan waktu untuk kegiatan sosial (40 persen).


5. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam berada di peringkat ke-5. Hasil survei menceritakan, cuma 56 persen penduduk yang menyisakan uang buat donasi, dan lebih sedikit lagi yang bersedia meluangkan waktu untuk aktivitas sosial (41 persen). Melainkan 73 persen penduduknya mengaku siap menolong orang tidak dikenal kalau diperlukan.

 

4. Selandia Baru

Seperti negara tetangganya Australia, Selandia baru menduduki posisi negara berpenduduk paling dermawan. Berdasarkan hasil survey 65 % penduduknya aktif memberi sumbangan dan membantu orang asing.

3. Kenya

Diperbandingkan sebagai negara asal ayah mantan presiden Amerika Serikat, Obama, Kenya masuk dalam daftar negara dermawan. Sebanyak 52 persen warga negara di benua Afrika mengaku memberi sumbangan berupa materi dan 51 persen menyumbangkan waktu luangnya untuk aktivitas sosial. Lebih dari sepertiga penduduk Kenya menolong orang yang tidak dikenal, yang mencapai skor 76 persen.

 

2. Indonesia

Dari sisi kedermawanan, penduduk Indonesia menumbangkan Amerika Serikat dan Australia. Tapi dua negara itu, lebih banyak penduduk Indonesia yang berdonasi uang secara rutin merupakan sebanyak 79 persen, dan separuhnya ingin berprofesi secara sukarela 55 persen. Namun, berbeda dengan persepsi penduk Indonesia yang gemar menolong, hanya 47 persen warga yang bersedia membantu orang tidak dikenal.

 

1. Myanmar

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan,  35,6 juta penduduk Myanamar mengaku menyisihkan uang mereka untuk kaum miskin selama 2016. mayoritas dari mereka menyempatkan waktu pribadi untuk terlibat dalam kesibukan sosial secara sukarela.

Dalam hal menolong orang tidak diketahui, Myanmar juga tergolong yang paling tinggi, yaitu 53 persen. CAF, selama empat tahun berturut-turut negara Myanmar terus bertengger di posisi teratas sebagai negara paling dermawan sedunia.

Sumber: liputan6.com | Surat Berita