No ratings yet.

suratberita.com – Sebagian masyarakat Indonesia sudah menganggap PKI merupakan momok dan musuh terbesar di republik ini. Sehingga hal hal yang berbau PKI harus ditiadakan karena takut akan kembalinya PKI di Indonesia

Anda harus tau, ini 5 alasan komunisme tidak boleh kembali muncul di Indonesia
Foto seorang warga negara asing yang di amankan saat menggunakan baju berlogo palu arit di batam kepulauan riau

Adapun kebencian terhadap PKI tentu bukan tanpa alasan. Ketika Orde baru berkuasa, PKI seolah menjadi organisasi ‘haram’ di republik ini. Kampanye anti PKI pun dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk dengan Film Gerakan 30 S/PKI.

Ada 5 alasan komunisme (PKI) tidak boleh kembali muncul di Indonesia. Alasan tersebut di rujuk pada aspek teologi, ideologi, sosial, politik, dan sejarah. Sebelum masuk ke pokok pembahasan kita kali ini kami meminta kepada pembaca untuk menyukai akun sosial media suratberita.

Anda harus tau, ini 5 alasan komunisme tidak boleh kembali muncul di Indonesia

1. Teologi
Dari segi teologi, komunisme sudah melawan prinsip ketuhanan. Hal ini dikarenakan komunisme tidak mengenal adanya Tuhan. Sedangkan di Indonesia, dalam sila pertama Pancasila, yaitu ke Tuhanan yang Maha Esa.

2. Ideologi
Dari segi ideologi, komunisme tentu sangat berlainan dengan ideologi (paham) Pancasila. Perbedaan itu tertanam jelas dari butir – butir Pancasila.

3. Sosial
Dari segi sosial, komunisme mengajarkan perbedaan kelas (kasta). Misalnya, pertentangan kelas antara buruh dan majikan, kaya dan miskin, tuan dan bawahan. Padahal, dalam prinsip kita di indonesia yang membedakan manusia satu dengan lainnya adalah iman.

4. Politik
Komunisme jelas mengajarkan bagaimana melakukan permusuhan dan propaganda kepada lawan politiknya. Sedangkan hal tersebut tidak dibenarkan. Karena, Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai kebenaran dan kejujuran termasuk dalam berpolitik.

5. Sejarah
Dari nilai sejarah, pemberontakan yang dilakukan PKI di Indonesia tidak hanya sekali. Tercatat kekal di dalam bukuh sejarah, pemberontakan PKI dimulai sejak tahun 1926, 1945, 1958, 1950 dan terakhir tahun 1965.

Peristiwa 1965 dikenal sebagai pemberontakan PKI yang paling sadis dikarenakan tindakan komunis tersebut menimbulkan banyak korban jiwa baik dari para jenderal TNI, masyarakat sipil, hingga anggota PKI juga.

Bagaimana pendapat pembaca tentang PKI? mungkin ada banyak lagi alasan indonesia menolak kehadiran PKI lagi, namun karna keterbatasan pengetahuan kami, sehingga tidak dapat di sebutkan lagi satu persatu yang lain.

Sumber: Surat Berita | Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here