BREAKINGNEWS – Buruh Batam Demo Kembali Demo Hari ini, Ini Tuntunannya! – Sedikitnya sekitar 1000 pekerja dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), menggelar aksi damai, Rabu (21/8/2019) pagi ini. Para buruh sudah berkumpul dijalan untuk pergi bersama-sama ke depan kantor walikota Batam.

Kemacetan Lalu Lintas

Puluhan polisi sudah berjaga mengatur lalu lintas akan tetapi kemacetan parah akibat pendemo tidak bisa di hindarkan. Kemacetan parah dari batu aji dan piayu yang sangat panjang menyebabkan banyaknya masyarakat yang hendak pergi bekerja menjadi terlambat.

Tuntutan Buruh

“Kami ke DPRD Kota Batam dan Pemko untuk menyuarakan hak buruh. Ada beberapa hal yang kami sampaikan. Salah satunya penolakan revisi Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” kata seorang pekerja yang ditemui Tribunbatam.id.

Selain tuntutan itu, para pekerja menolak perluasan sistem kontrak outsourcing, fleksibel jam kerja, pengupahan (politik upah murah), dan warga negara asing yang menjabat jabatan strategis di beberapa perusahaan di Batam dan sejumlah daerah lainnya.

“Jadi pagi ini berkumpul dulu. Baru menuju ke Engku Putri Kantor Walikota Batam,” tambah pekerja lain. Seperti diketahui,

Pada revisi Undang-undang tersebut nanti, Pihak buruh mendapat bocoran, ada pihak organisasi pengusaha yang akan mengizinkan orang asing menduduki jabatan strategis di perusahaan.

BURUH BATAM KEMBALI DEMO, INI TUNTUTANNYA

Selain itu,  diberlakukan istilah magang dua tahun sebagai kedok menghilangkan permanen.

“Teman-teman semua,  magang itu hanya istilah yang digunakan untuk anak-anak SMA yang baru tamat. Bayangkan jika pasal ini dimasukan ke dalam revisi Undang-undang ini. Maka,  Siap-siap teman-teman semua dizolimi,” serunya.

Pada intinya,  FSPMI seluruh Indonesia kata Alfitoni,  menolak rencana pemerintah Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Hitung kasarnya, jika pun terjadi mereka meminta hak buruh jangan disunat. Karena buruh khawatir, jika revisi itu terjadi maka kesejahteraan buruh akan semakin berkurang.

Potensi terjadinya pengangguran juga semakin meluas. Kemiskinan kembali melanda Indonesia.

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul BREAKINGNEWS – Buruh Batam Kembali Demo Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan, https://batam.tribunnews.com/2019/08/21/breakingnews-buruh-batam-kembali-demo-tolak-revisi-uu-ketenagakerjaan.
Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here