Cara Menentukan Peringkat Klasemen Jika Poin, Selisih Gol dan Head to Head Sama di Piala Dunia 2018 – Piala Dunia 2018 sudah memasuki pertandingan penentu matchday ke 3. Bagi beberapa negara peserta piala dunia, hitung-hitungan untuk lolos ke fase gugur sudah dimulai.

Beberapa hasil pertandingan, membuat skema lolos sejumlah tim bisa saja ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah pertandingan di fase grup B

Spanyol dan Portugal sama-sama mengoleksi total 5 poin hasil dari 1 kemenangan dan 2 hasil imbang. Lalu mengapa Spanyol yang menjadi juara Grup?

Dan baru-baru ini di Grup H, Jepang berhasil menjadi runner up dan melanjutkan ke fase knockout 16 besar, padahal poin jepang dan sinegal sama, bukan hanya poin, keduanya juga memiliki selisih gol, jumalah gol dan head to head yang sama. Lalu mengapa jepang yang berada di posisi runner up, kok bukan sinegal?

Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut diatas, saya akan menjelaskan aturan resmi FIFA terkait hal ini. Simak dengan baik ya

Berikut ini peraturan yang diberikan oleh FIFA dalam menentukan tim yang lolos dari fase grup Piala Dunia 2018.

Di bagian pertama ini, penentuan tim yang lolos ke fase gugur tak terlalu rumit. Tim yang lolos ditentukan dari 3 hal.

1. Jumlah Poin 

Jumlah poin yang dimiliki masing-masing tim akan menjadi penentu lolosnya tim tersebut ke fase gugur. Jika dua atau lebih tim memiliki poin sama, maka tim yang lolos akan ditentukan oleh poin ke-2.

2. Selisih Gol

Jika poin sama maka berikutnya ditentukan dengan melihat selisih gol, Sebuah tim jika memiliki poin yang sama dengan tim lain di klasemen akhir akan menjadi penentu kelolosan dengan melihat selisih gol.

Akan tetapi Jika kedua tim memiliki selisih gol yang sama, maka tim yang lolos akan ditentukan oleh poin ke-3.

3. Jumlah Gol 

Jumlah gol yang dicetak selama fase grup menjadi langkah berikutnya untuk menentukan tim yang lolos jika jumlah poin dan selisih gol sama

Jika ada dua tim yang memiliki poin dan selisih gol sama, maka jumlah gol yang dicetak akan menjadi penentunya.  Contohnya saja di grup B antara Spanyol dan portugal.

Spanyol menjadi juara grup karena mencetak total 6 gol (3 gol melawan Portugal, 1 Gol melawan Iran dan 2 Gol melawan maroko), sedangkan Timnas Portugal hanya mencetak total 5 gol ( 3 gol melawan spanyol, 1 gol melawan marooko dan 1 gol melawan Iran), maka dari jumlah gol tersebut, timnas Spanyol yang menjadi juara grup B.

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Jika Poin, Selisih Gol dan Head to Head Sama di Piala Dunia 2018

Untuk pertanyaan pertama sudah terjawab ya. Untuk jawaban dari pertanyaan kedua, lanjut terus bacanya.

Baca juga : Daftar Pemain Top Tidak Dibawa Ke Piala Dunia 2018

Jika 3 poin di atas masih imbang, maka 3 poin peraturan di bawah ini akan menentukan langkah tim untuk lolos ke babak berikutnya.

4. Head to Head Poin 

Head to head poin yang dimiliki antara tim yang bersangkutan.

5. Head to Head Selisih Gol

Head to head selisih gol yang dimiliki antara tim yang bersangkutan.

6. Head to Head Jumlah Gol

Head to head jumlah gol yang dimiliki antara tim yang bersangkutan.

Jika poin 1 – 6 masih juga sama dan belum dapat ditentukan maka FIFA akan melakukan langkah nomer 7 dan 8

7. Poin Fair Play

Jumlah kartu yang diterima dalam pertandingan selain merugikan tim saat pertandingan berlangsung, juga akan merugikan tim jika skema ini terjadi.

Karena kartu yang diterima akan menjadi penentu dalam hal ini.

  • Kartu Kuning Pertama: Minus 1 Poin
  • Kartu Merah Tidak Langsung atau Kartu Kuning Kedua: Minus 3 Poin
  • Kartu Merah Langsung: Minus 4 Poin
  • Kartu Kuning Kemudian Kartu Merah Langsung: Minus 5 Poin

8. Undian

Panitia Penyelenggara Piala Dunia FIFA akan mengundi untuk menentukan tim yang lolos dari fase grup di Piala Dunia 2018.

Nah.. Sampai disini apakah anda sudah bisa mengambil kesimpulan mengapa Jepang yang layak lolos ke fase berikutnya dan bukan Senegal?.

Menurut hasil analisa admin sejutainformasi.com, kasus di Grup H antara Jepang dan Senegal memang sedikit lebih rumit karena keduanya memiliki jumlah poin, selisih gol, jumlah gol, dan head to head poin yang sama.

Cara Menentukan Peringkat Klasemen Jika Poin, Selisih Gol dan Head to Head Sama di Piala Dunia 2018

Tetapi ada faktor penting dalam aturan diatas yang membuatnya keduanya berbeda sehingga jepang lah yang berhasil lolos ke babak 16 besar. yaitu faktor Poin Fair Play.

Berdasarkan data yang ada, Timnas Senegal lebih banyak mendapatkan kartu kuning dari Timnas Jepang, yakni Senegal (6) dan jepang (4). Sehingga dengan melihat faktor tersebut maka Jepang lah yang layak lolos ke fase berikutnya.

Jika anda mampu membaca bacaan bahasa inggris silahkan buka dan baca pada halaman 43 pada FIFA World Cup rules pdf

Demikian artikel yang membahas Cara Menentukan Peringkat Klasemen Jika Poin, Selisih Gol dan Head to Head Sama di Piala Dunia 2018. Saya harap artikel ini berguna bagi anda, klik like and share supaya artikel ini juga berguna bagi orang lain.

Baca selengkapnya: https://www.indosport.com/sepakbola/20180621/cara-menentukan-tim-yang-lolos-dari-grup-piala-dunia-2018/bagian-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here