5/5 (1)

Suratberita.com Setiap orang yang menyukai MotoGP, pasti kenal dan mengetahui sepak terjang Valentino Rossi, pembalap moto gp asal italian ini telah mengoleksi 9 juara chamion moto gp dalam 1 musim dan belu ada pembalap lain yang mampu melewati perolehannya.

Untuk anda yang hobi menyaksikan balap motor ini pasti sering memperhatikan idolanya menurunkan satu kakinya saat berada di tikungan. Beberapa dari mereka bertanya Mengapa Kaki Valentino Rossi Suka Turun Saat Berada di Tikungan? Ini Jawabannya

Hal itu bermula pada saat Valentino Rossi melawan rivalnya Sete Gibernau, pada saat tikungan terakhir di balapan seri Jerez (2005), Rossi saat itu melakukan pengereman yang cukup dalam karena terlalu lama melakukan pengereman sehingga rossi kakinya harus turun sebelah untuk mengendalikan laju motornya. Sejak itulah gerakan kaki turun sebelah ala Vallentino Rossi menjadi tren para pembalap di tikungan.

Beberapa spekulasi mengatakan hal itu bisa menambah stabilitas saat melakukan pengereman dengan memindahkan pusat gravitasi saat berbelok. ada juga yang mengatakan menurunkan kaki sebelah saat mengerem dapat menambah daya pengereman sehingga lebih cepat saat mengerem.

Namun beberapa pembalap mengatakan melakukannya hanya mengikuti gaya Valentino Rossi saja untuk mengikuti tren.

Sampai saat ini belum ada aturan yang jelas tentang hal tersebut ilegal atau legal. Pembalap juga masih banyak yang melakukan trik menurunkan kaki sebelum berbelok di tikungan entah itu sebagai trik menutupi laju lawan yang dibelakang atau memang untuk yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here