No ratings yet.

Sejutainformasi.com – BATAM – Menyambut Gerhana Bulan Total (GBT) yang akan muncul beberapa hari lagi tepatnya pada tanggal 31 Januari 2018, Kantor Kementerian Agama Batam akan mengirim surat edaran ke masjid-masjid di Kota Batam.

Adapun didalam surat edaran tersebut, Kementerian Agama Batam menghimbau khususnya umat muslim untuk melaksanakan shalat gerhana, dan dzikir di masjid-masjid terdekat.

“Suratnya sudah kita siapkan, dan akan disebarkan ke masjid-masjid yang ada di kota Batam. Isinya jadwal shalat gerhana,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Erizal Abdullah, Jumat (26/1/2018).

Erizal Abdullah juga menyatakan, bahwa awal gerhana bulan total akan terjadi sekitar pukul 20.00 WIB lewat dan berakhir pukul 21.00 WIB.

“Peristiwa ini jarang terjadi, namun para ahli sudah bisa memprediksikan fenomena ini sekian tahun lagi. Kita sarankan warga yang ingin shalat gerhana cukup di masjid terdekat saja.

Erizal mengatakan, paristiwa gerhana bulan total dapat dilihat di area terbuka di malam hari.

Dimana bulan purnama tampak meredup lalu berubah memerah sesaat hingga akhirnya bersinar lagi di kegelapan malam.

Erizal juga menambahkan, bahwa fenomena Gerhana Bulan Total ini, diketahui terakhir terjadi di Indonesia sekitar tiga tahun lalu di tahun 2015.

Kementerian Agama Batam berharap masyarakat dapat melaksanakan shalat gerhana seperti yang dilakukan Rasululloh saat Gerhana muncul, sebagai mana dalam hadist shahih berikut:

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT.
Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya.
Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)”
“Ketika matahari mengalami gerhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dengan lafaz : As-Shalatu jamiah”. (HR. Bukhari).”

Dengan adanya hadist di atas mari kita bersama-sama meningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan cara menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Yaitu Sholat Gerhana Matahari

Referensi : batam.tribunnews.com , suratberita.com , ghofar1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here