No ratings yet.

Suratberita.com – Batam – Bea Cukai menerapkan aturan Consignment Note (CN) untuk pengiriman barang keluar Batam, Sehingga Pelaku Bisnis Online Mengalami Penurunan Omset, Akibat Kebijakan Baru Bea Cukai tersebut.

Rynaldi, Salah satu penjual jam tangan online ini mengatakan, beberapa barangnya yang hendak dikirim keluar Batam belum juga sampai, masih tertahan di ekspedisi. “Ini sudah satu minggu, belum juga sampai,” ujarnya kepada.

Rynaldi juga mengatakan, Sejak perubahan aturan itu ada, omsetnya menurun dratis. Bahkan sampai saat ini belum ada penjualan yang berhasil keluar Batam.

Kebijakan baru yang diterapkan oleh Bea Cukai Batam menuai masalah. Sudah beberapa hari terjadi penumpuhan paket di bandara maupun di pelabuhan.

Penumpukan ini terjadi dikarenakan saat ini seluruh barang yang hendak dikirim harus diberi CN. Termasuk yang antrinya sudah lama. Sebelum aturan ini ada, barang yang dikirim hanya diberi satu nota saja. Namun saat aturan baru ini berlaku barang yang dikirim harus diberikan tiga nota menerangkan jenis barang, berat, harga dan keterangan lainnya.

Peraturan ini dipicu karena beberapa waktu lalu ditemukan pengiriman jenis barang dipaket tidak sesuai dengan isinya. Di nota tertulis makanan, sedangkan isinya alat elektronik yang seharusnya membayar pajak tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here