Setelah viral di media sosial atas ucapan Presiden Jokowi di Mata Najwa, coba cek Arti kata Mudik dan Pulang Kampung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI).

Presiden Jokowi kemudian menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya itu berbeda.

“Kalau mudik itu di hari Lebarannya. Ya beda. Untuk merayakan Idul fitri,” kata Jokowi.

Najwa menegaskan, “Itu kan hanya perbedaan masalah waktu bapak. Aktivitasnya sama yaitu sama-sama membawa virus ke kampung halaman”

Diketahui sebelumnya acara Talkshow Mata Najwa jadi pembicaraan saat Jokowi sebut Pulang Kampung dan Mudik adalah hal yang berbeda di depan Najwa Shihab.

Bermula saat tadi malam, Rabu (22/4/2020), Presiden Jokowi tanggapi pernyataan Najwa yang menyebut hampir 1 juta orang curi start mudik hingga aturan larangan mudik dianggap tidak efektif.

“Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Karena bekerja di Jabodetabek. Di sini mereka sudah tidak punya pekerjaan ya mereka pulang karena anak dan istri ada di kampug,” ujar Jokowi.

Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab yang menyebutkan kenapa pemerintah baru akan membuat kebijakan terkait mudik padahal faktanya sudah banyak orang yang mudik.

“Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hampir 1 juta atau sekitar 900.000 orang yang sudah mudik. Kalau pemerintah baru akan melarang, apa tidak terlambat karena sebaran sudah terjadi?” tanya Najwa Shihab dalam sebuah video yang dibagikan di akun twitter @matanajwa, kemarin.

Cek Definisi Mudik dan Pulang Kampung dalam KBBI

Menurut KBBI dalam situs resminya https://kbbi.kemdikbud.go.id/, pengertian pertama mudik adalah kata kerja untuk (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman). Lalu pengertian kedua untuk mudik adalah kata kerja percakapan yaitu untuk pulang ke kampung halaman.

KBBI mencontohkan dengan kalimat “Seminggu menjelang lebaran sudah banyak orang yang — (mudik, pulang kampung)”.

Sementara itu, berdasarkan KBBI, “Pulang Kampung” adalah kembali ke kampung halaman; mudik. KBBI mencontohkan dengan kalimat “dia mudik ke kampung setelah tidak lagi bekerja di kota.”

Bagaimana menurut kalian, apakah mudik & pulang kampung berbeda dalam konteks ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here